Friday, September 01, 2006

Babi Kecap Maron


Sebelumnya nih... mo cerita dikit :D
Babi kecap ini bener-bener LEZAT lho!! (Ella: "Yun, kok bisa uenak kek gini seh? ini babi kecap terenak sepanjang hidupku di Jerman!")
Resepnya asli turun temurun, yo jelas ae uenak rek! ;)
Kenapa ada "Maron" nya?
Karena aku pengen nama Maron dikenal (hehehe.. promosi :P)... Maron itu nama sebuah desa dimana makanan enak ngumpul.
Jadi buat semua yang sudah mencicipi Babi Kecap ini HARAP DIINGAT bahwa ini resep dari Desaku tercinta MARON! (hehehe :P)

Bahan-bahan:
500 gr Babi bagian perut (bagian daging berlapis lemak)
5 siung Bawang putih, cincang halus
5 sdm Kecap asin
5-10 sdm Kecap manis
Merica, garam, gula secukupnya
1 kuntum (3 sdt) Bunga lawang/ngo hiang/star anis

Cara membuat:
  1. Potong daging tebal 2 cm.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang putih sampai kekuningan.
  3. Masukkan babi dan semua sisa bahan.
  4. Tambahkan air kira-kira 1 gelas, masak sampai kuah habis (apabila daging masih keras, tambahkan air lagi)
Tips: Resep bisa digunakan untuk ayam, dan bisa juga dipakai untuk isi Bakpao... gampang khan?? :D

Update:


Foto: Star Anis/Bunga lawang/Pekak/Ngo Hiang

21 comments:

  1. bunga lawang itu apa yun?!?!
    minggu depan pengen nyoba buat lunch ahhhh :D
    *ngiler*

    ReplyDelete
  2. Mut.. bunga lawang itu bhs indonesianya 'Pekak' bentuknya kayak bintang/bunga gitu.. coba tak cari fotonya, kalo ketemu tak pasang ok! ;)

    ReplyDelete
  3. Anonymous08:09

    saya sudah coba resepnya ,
    ternyata memang benar2 uueennaakk.
    saya berkali2 mencoba untuk membuat babi kecap ..tapi baru kali ini saya nemu karakternya ..ternyata kunci nya ada pada star anise. bumbu yang selama ini belum pernah saya tau.

    thanks

    nyoman - bali cuisine

    ReplyDelete
  4. Anonymous08:09

    saya sudah coba resepnya ,
    ternyata memang benar2 uueennaakk.
    saya berkali2 mencoba untuk membuat babi kecap ..tapi baru kali ini saya nemu karakternya ..ternyata kunci nya ada pada star anise. bumbu yang selama ini belum pernah saya tau.

    thanks

    nyoman - bali cuisine

    ReplyDelete
  5. abelsmom08:42

    nyam nyam makasih mba resepnya (terutama bunga lawangnya sy baru ngerti).
    besok sy dapet jatah nganter makan siang romo..cobain ah resepnya.makasiyyyyy

    ReplyDelete
  6. bimo eriartha09:03

    Yun, bojoku bilang tumben masakanku bisa kemakan :D biasanya kebanyakan uji coba jadi gak ada yg mau makan . .. sip sip sip ...

    ReplyDelete
  7. Steve01:14

    Tadi siang saya coba resepnya enak sekali. Iseng2 ditambahin petai.

    ReplyDelete
  8. Anonymous07:04

    star anis, biasa dijual ditoko apa ?

    ReplyDelete
  9. Anonymous07:06

    dimana bisa mendapatkan star anis ? nama lajimnya apa ?
    . terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  10. Anonymous23:43

    Star Anis= Pekak = Stern Anis (Bhs. jerman) = Bunga Lawang
    Dijual di Toko Asia, kalau di Indo dijual di Supermarket atau Pasar

    ReplyDelete
  11. pokoke daging Babi gag ada duanyaa....
    hhmmmm.... maakkknnyyooossssssss............

    ReplyDelete
  12. kak yun, kakak udah brapa lama tinggal di Jerman???

    ReplyDelete
  13. Yunita23:40

    Aku baru 8 th di jerman kok ;)

    ReplyDelete
  14. Anonymous08:11

    ada baiknya ditambah arak cina secukupnya

    ReplyDelete
  15. www.deliastrawberry.blogdetik.com04:44

    mau coba hari ini. bunga lawang bs di ganti dgn ngo hiong kan mba?

    ReplyDelete
  16. Ngohiong ada mengandung bunga lawang juga, jadi bisa aja :)

    ReplyDelete
  17. Anonymous13:43

    ehmm.. itu resep sama seperti yg kluargaku buat .. dan aku sudah sering masak saat kuliah dulu saat kost tahun 1990. cuma daging babi lebih enak di lumuri arak masak, atau ang ciu sebelum di tumis dengan bawang putih. daging babi yg enak buat masakan ini adalah sam cam ( sam sam >> surabaya) kaki babi (bai kut) bagian kepala kuping dan congor (hidung babi.)

    ReplyDelete
  18. Kamu org Khek bukan? Biasanya kl org Khek masak bicap gini ;)

    ReplyDelete
  19. Mantap cie, setiap mau masak tinggal search babi kecap maron. . Jadi deh masakan terenak yg pernah ta masak! Salah satu masakan fav richie juga nih, untuk masakan satu ini ga pernah ada komen "masakan mama gak enak!" hahahahaha

    ReplyDelete
  20. Anonymous13:04

    Wahhh font blognyakoq diganti. Agak susahbacanya, maaf mata tua hahhah. Terima kasih resepnya.

    ReplyDelete
  21. Anonymous05:32

    Maron itu di Banyuwangi kah? =)

    ReplyDelete